News Update :

Pembuat Perahu Phinisi Kepincut Suzuki Ertiga

BULUKUMBA - Rombongan touring Suzuki Inazuma Born to Adventure, Makasar-Tana Toraja-Makasar, menyempatkan diri berkunjung ke tempat pembuatan kapan phinisi.

Dalam kesempatan ini, rombongan menyambangi kediaman H. Abdullah Hasan, salah satu pembuat kapal Phinisi ternama di Kelurahan Tanah Lemo, Bulukumba, Sulawesi Selatan.

Berlokasi di bibir pantai, pria 52 tahun ini mempekerjakan 6 orang pegawai kepercayaan yang masih sanak keluarga. Dirinya mengaku mulai menekuni bisnis pembuatan kapal phinisi sejak dekade 90-an.

"Kalau mulai bikin kontrak seperti ini sejak 90-an. Kontrak-kontrak kecil sudah ada sejak 80-an. Saya bikin sudah sampai Amerika Utara, Kanada,"

Abdullah mengaku keahlian dalam membuat kapal ini merupakan turunan dari sang ayah yang juga warisan dari sang kakek.

Untuk diketahui, Abdullah menerima pesanan berbagai model kapal mulai dari bentuk pesiar hingga kapal kargo. Proses pengerjaannya cukup memakan waktu lama dengan biaya hingga miliaran rupiah.

Menurutnya, bentuk pesiar memiliki ukuran mulai dari 40 hingga 500 ton. Model 500 ton memakan waktu hingga setahun dengan harga mencapai Rp3 miliar "Itu hanya bodi, lengkap dengan mesin Rp5 miliar," tandasnya.

"Kalau model kargo ukurannya mulai 50 sampai 1.000 ton. Harga bodi saja Rp4 miliar, waktu pengerjaan satu setengah tahun." tambahnya.

Sementara itu, pria yang telah menyelesaikan 20 kapal sejak tahun 90-an ini ternyata memiliki hasrat tersendiri soal mobil idaman. Dirinya mengaku penggemar berat merek Suzuki. Dirinya pun berniat untuk membeli MPV Ertiga.

"Saya suka Suzuki. Motor saya Suzuki, mobil saya Suzuki, kalau ada uang saya mau beli Suzuki lagi, Ertiga. Yang di iklan tv itu, mobil keluarga." tukasnya.
Share this Article on :
 

© Copyright Phinisi Boat 2010 -2011 | Design by Hantu Facebook | Published by Phinisi Boat | Powered by Blogger.com .